Konsultasi dan Info lengkap PPDB Mts Roudlotul Muttaqin Konsultasi via WA
Toggle Bar

sarpras

ARD

citivitas akademika

Download

مؤسسة الاسلامية المعهد للبنين والبنات روضة المتقين       

YAYASAN PON-PES PUTRA-PUTRI ROUDLOTUL MUTTAQIN

MADRASAH TSANAWIYYAH ROUDLOTUL MUTTAQIN

BANDUNGREJO MRANGGEN DEMAK

Sekretariat :Jl. BaitulIzzah No: 08 Bandungrejo Mranggen Demak 59567( 02476728388 email : mts.romuta2007@gmail


SURAT PENGANTAR

Nomor : 032/MTS RM /PKL/IV/2021

 

Nomor          : 032/MTS RM /PKL/IV/2021

Sirat               : Pending

Lampiran      : 1 (satu) berkas

Hal               : Jadwal Kelulusan Peserta Didik

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 Kepada Yth :

  1. Pengawas RA, MI, MTs dan MA
  2. Kepala RA, MI, MTs dan MA Se- Kabupaten Demak

 

No

Jenis Surat

Banyak

Keterangan

 

1.

 

Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah Nomor 14.020/Kw.11.2/1/PP.00/04/2021

tentang Jadwal Kelulusan Peserta

Didik

 

1 berkas

 

Dikirim untuk dipedomani. Terima kasih.

 

JUMLAH

1 berkas

 

 

 

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor! B-29B/DJ.I.'’PP.00/02.'’2021 tanggal 9 Februari 2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Masa Darurat  Penyebararan Corona  Vlrus-19  Deaeaae  (Covid-19) dan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2020 tetang Spesifkasi Teknis. Bentuk dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah  Pendidikan  Dasar dan  Pendidikan  Menengah  Tahun  Pelajaran  2020/2021   (di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) dengan ini kami minta per hatian Saudara hal-hal sebagai ber ikut

 

TANGGAL PENTING DALAM KALENDER PENDIDIKAN

MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

No.

Tanggal

Uraian Kegiatan

1

12, 13, 14 April 2021

Libur awal puasa Ramadhan 1442 H

 

2

 

30 April 2021

§  Rapat kelulusan peserta didik MA

§  Berita acara rapat kelulusan

§  SK Penetapan Kelulusan

§  Tanggal rapor kelas akhir (XII) semester genap MA

3

1 Mei 2021

Libur Umum (Hari Buruh)

4

 

2 Mei 2021

Peringatan Hari Pendidikan Nasional, melalui poster dan sejenisnya secara daring

5

3 Mei 2021

§  Pengumuman kelulusan MA (daring)

§  Surat Keterangan Lulus

6

4 Mei 2021

Tanggal mutasi rapor MA kelas XII

7

3 - 4 Mei 2021

Laporan kelulusan MA ke Kankemenag

8

4 - 5 Mei 2021

Rekapitulasi laporan kelulusan MA oleh Kankemenag

9

6 – 7 Mei 2021

Pengiriman laporan Kankemenag kelulusan (MA) ke Kanwil (daring)

10

10 - 12 Mei 2021

Libur Akhir Ramadhan 1441 H

11

13 Mei 2021

Libur Kenaikan Isa Al Masih

12

13 -14 Mei 2021

Libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H

13

15 -19 Mei 2021

Libur setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H

14

20 Mei 2021

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

15

26 Mei 2021

Libur Hari Raya Waisak

16

2 - 12 Juni 2021

Penilaian Akhir Tahun (PAT)

 

17

 

3 Juni 2021

§  Rapat kelulusan peserta didik MTs

§  Berita acara rapat kelulusan

§  SK Penetapan Kelulusan

§  Tanggal rapor kelas akhir (9) semester genap MTs

18

4 Juni 2021

§  Pengumuman Kelulusan MTs

§  Surat Keterangan Lulus

19

5 Juni 2021

Tanggal mutasi rapor kelas 9 MTs

20

4 - 7 Juni 2021

Laporan kelulusan MTs ke Kankemenag

21

8 - 9 Juni 2021

Rekapitulasi laporan kelulusan MTs oleh Kankemenag

 

22

 

10 - 11 Juni 2021

Pengiriman laporan Kankemenag kelulusan (MTs) ke Kanwil (daring)

 

23

 

14 Juni 2021

§  Rapat kelulusan peserta didik MI

§  Berita acara rapat kelulusan

§  SK Penetapan Kelulusan

§  Tanggal rapor kelas akhir (6) semester genap MI

 

No.

Tanggal

Uraian Kegiatan

24

15 Juni 2021

§  Pengumuman Kelulusan MI

§  Surat Keterangan Lulus

25

16 Juni 2021

Tanggal mutasi rapor kelas 6 MI

26

15 - 16 Juni 2021

§  Laporan kelulusan MI ke Kankemenag

§  Laporan tamat belajar RA ke Kankemenag

27

17 - 18 Juni 2021

§  Rekapitulasi laporan kelulusan MI oleh Kankemenag

§  Rekapitulasi laporan tamat belajar RA ke Kankemenag

 

28

 

21 - 22 Juni 2021

§  Pengiriman laporan Kankemenag kelulusan (MI) ke Kanwil (daring)

§  Pengiriman laporan Kankemenag tamat belajar (RA) ke Kanwil (daring)

29

19 Juni 2021

§  Penyerahan rapor (MA, MTs, MI, RA)

§  Tanggal ijazah RA

30

21 Juni – 10 Juli 2021

Libur akhir semester genap/tahun pelajaran 2020/2021

31

12 Juli 2021

Permulaan tahun pelajaran 2021/2022

 

Keterangan:

  1. Apabila terbit ketentuan/kebijakan terbaru dari Pemerintah terkait hal tersebut, maka mengacu pada kebijakan dimaksud;
  2. Rapat kelulusan dilakukan 1 (satu) hari sebelum tanggal pengumuman kelulusan, jika tanggal merah, maka pada hari sebelumnya dan hari kerja;
  3. Tanggal mutasi rapot pada tanggal 1 (satu) hari setelah tanggal pengumuman kelulusan, jika tanggal merah, maka pada hari setelahnya dan hari                            

Waalamu’alaikum Salam, Wr. Wb.

 

Bandungrejo, 04 Maret 2021

Mengetahui,
Kepala Madrasah

 

Ahmad Muhamad Alhuda, M.S.I

NIP. 198008032007101002

 

Kesiswaan

KATA PENGANTAR

            Puji Syukur Kami Panjatkan Kepada Tuan Yang Maa Esa yang tela memberikan nikmat seat kepada penulis, seingga penulis dapat menyelesaikan program kerja        taunan yang berjudul “PROGRAM KERJA WAKASEK BIDANG KESISWAAN MTS ROUDLOTUL MUTTAQIN BANDUNGREJO MRANGGEN DEMAK TAUN PELAJARAN 2020/2021

Sesuai dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Taun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan keidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuan Yang Maa Esa, beraklak mulia, seat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber  Daya Manusia yang cerdas, terampil, beraklak mulia dan mampu idup bersaing  adala tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Ole karena itu upaya peningkatan Sumber  Daya Manusia ini arus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. al ini menjadi semakin penting karena perubaan-perubaan akibat perkembangan Ilmu Pegetauan Dan Teknologi (IPTEK) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.

Sala satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adala sekola sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, kususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi peserta didik yang diarakan pada kompetensi multiple intelegensi sangatla diarapkan. Ole karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Peserta didik sangatla diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

TUJUAN

  1. Mengembangkan seluru potensi peserta didik secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memaami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik seingga timbul kecakapan dup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke sekola yang lebi tinggi dan idup bermasyarakat
  5. Menumbukan daya tangkal pada diri peserta didik teradap pengaru negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekola
  6. Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan ubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  7. Meningkatan apresiasi dan pengayatan seni.
  8. Menumbukan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  9. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi peserta didik untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuan jasmani dan roani.

RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN

  1. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIM)
  2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

SASARAN PEMBINAAN

      Sasaran Pembinaan adala (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan  Potensi diri Peserta didik kelas VII, VIII dan IX Taun Pelajaran 2020/2021 dengan jumla                sebanyak 175  orang peserta didik

ASIL YANG DIARAPKAN

  1. Mampu melairkan Sumber Daya Manusia yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
  2. Mampu meningkatkan prestasi peserta didik sesuai bakat dan minat peserta didik
  3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik melalui jalur pembinaan penyelamatan peserta didik dari baaya perilaku menyimpang di kalangan peserta didik dan jalur pemberdayaan potensi diri

STRATEGI PEMBINAAN

       Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab. Demak Difasilitasi dan dibimbing ole :

  1. Guru Mata Pelajaran  
  2. Pembina OSIM                
  3. Guru Bimbingan Karir (BK)  
  4. Pembina Ekstrakurikuler

URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN

Seperti dikemukakan pada bagian terdaulu bawa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :

  1. Program Pembinaan OSIM
  2. Program Pembinaan Ekstrakurkuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik

 PROGRAM PEMBINAAN  OSIM

  1. Pengertian

Satu-satunya wada organisasi peserta didik di sekola untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adala Organisasi Siswa Intra Sekola disingkat OSIM. OSIM bersifat intra sekola, artinya tidak ada ubungan organisatoris dengan OSIM di sekola lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekola. Karena OSIM merupakan wada organisasi siswa di sekola. Ole karena itu setiap peserta didik secara otomatis menjadi anggota OSIM. Keanggotaan itu secara otomatis berakir dengan keluarnya peserta didik dari sekola yang bersangkutan.

  1. Tujuan

      Organisasi ini bertujuan mempersiapkan peserta didik sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :

  1. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian peserta didik untuk mewujudkan ketaanan sekola sebagai lingkungan pendidikan seingga terindar dariusaa dan pengaru negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi peserta didik dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang beraklak mulia, demokratis, mengormati ak-ak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

(Permendiknas No 39 Taun 2008, Bab I pasal 1)

  1. Materi Pembinaan

Materi pembinaan kesiswaan (OSIM) mencakup :

  1. Pembinaan ketaqwaan teradap Tuan yang Maa Esa
  2. Pembinaan Budi Luur atau Aklak Mulia
  3. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
  4. Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olaraga sesuai bakat dan minat
  5. Pembinaan Demokrasi, ak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan idup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
  6. Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
  7. Pembinaan kualitas  jasmani ,keseatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  8. Pembinaan sastra dan budaya.
  9. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  10. Pembinaan komunikasi dalam baasa inggris.

 

  1. Perangkat OSIM

Perangkat OSIM terdiri dari :

  • Pembina OSIM
  • Perwakilan kelas
  • Pengurus OSIM
  • Anggota OSIM
  1. Rincian dan tugas Perangkat Pembina OSIM

  Pembina OSIM bertanggung jawab atas seluru pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIM di sekola.

Rincian tugas pembinan OSIM adalah :

  1. Bertanggung jawab atas seluru pembinaan dan pengembangan OSIM di sekola
  2. Memberikan nasiat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
  3. Mengesakan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekola.
  4. Mengesakan dan melantik pengurus OSIM denga surat keputusan kepala sekola.
  5. Mengarakan penyusunan anggaran ruma tangga dan program kerja OSIM.
  6. Mengadiri rapat-rapat OSIM
  7. Mengadakan evaluasi teradap pelaksanaan tugas OSIM

Perwakilan Kelas

  1. Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili ole 2 (dua) orang peserta didik.
  2. Perwakilan kelas bertugas memili pengurus OSIM, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIM dan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIM pada akir masa jabatannya.
  3. Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIM
  4. Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 taun ajaran.
  5. Rincian tugas perwakilan kelas adala :
    • mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
    • mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIM
    • mengajukan calon pengurus OSIM berdasarkan asil-asil rapat kelas.
    • Memili pengurus OSIM dan daftar calon yang tela disiapkan.
    • Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus OSIM pada akir masa jabatannya.
    • Menyusun Anggaran Ruma Tangga.

Pengurus OSIM

Pengurus OSIM terdiri atas :

  1. seorang ketua dan dua orang wakil ketua
  2. seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris
  3. seorang bendaara dan seorang wakil bendaara
  4. sepulu orang ketua seksi yaitu :
  5. Pembinaan ketaqwaan teradap Tuan yang Maa Esa
  6. Pembinaan Budi Luur atau Aklak Mulia
  7. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
  8. Pembinaan Prestasi akademik, seni, dan/atau olaraga sesuai bakat dan minat
  9. Pembinaan Demokrasi, ak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan idup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
  10. Pembinaan kreativitas keterampilan
  11. Pembinaan kualitas  jasmani ,keseatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  12. Pembinaan sastra dan budaya.
  13. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  14. Pembinaan komunikasi dalam baasa inggris.

 

  1. Pembinaan Seksi :

Seksi I :

Pembinaan keimanan dan ketaqwaan teradap Tuan YME, antara lain:

  1. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;
  2. Memperingati ari-ari besar keagamaan;
  3. Melaksanakan perbuatan amalia sesuai dengan norma agama;
  4. Membina toleransi keidupan antar umat beragama;
  5. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
  6. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekola.

Seksi II :

    Pembinaan budi pekerti luur atau aklak mulia, antara lain:

  1. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekola;
  2. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
  3. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
  4. Menumbukembangkan kesadaran utk rela berkorban teradap sesama
  5. Menumbukembangkan sikap ormat dan mengargai warga sekola
  6. Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersian, ketertiban,   keindaan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)

Seksi III :

  1. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara;
  2. Melaksanakan upacara bendera pada ari senin, serta ari-ari besar nasional;
  3. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & ymne);
  4. Melaksanakan kegiatan kepramukaan;
  5. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejara;
  6. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para palawan;
  7. Melaksanakan kegiatan bela negara;
  8. Menjaga dam mengormati symbol-simbol dan lambing-lambang negara;
  9. Melakukan pertukaran peserta didik antar daera dan antar negara;

Seksi IV :

Pembinaan prestasi akademik, seni, olaraga sesuai dengan bakat dan minat

  1. Mengadakan lomba mata pelajaran/program kealian;
  2. Menyelenggarakan kegiatan ilmia;
  3. Mengikuti kegiatan worksop, seminar, diskusi panel yang bernuansa IPTEK;
  4. Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;
  5. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;
  6. Mengadakan pameran karya inovatif dan asil penelitian;
  7. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekola;
  8. Membentuk klub sains, seni, dan olaraga;
  9. Menyelenggarakan festival dan lomba seni;
  10. Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olaraga;

Seksi  V :

Pembinaan demokrasi, ak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan idup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:

  1. Memantapkan dan mengembangkan peran peserta didik di dalam OSIM sesuai dengan tugasnya masing-masing;
  2. Melaksanakan latian kepemimpinan peserta didik;
  3. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
  4. Melaksanakan kewajiban dan ak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
  5. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
  6. Melaksanakan kegiatan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
  7. Melaksanakan pengijauan dan perindangan lingkungan sekola.

Seksi VI :

Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausaaan, antara lain:

  1. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebi berguna;
  2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
  3. Meningkatkan usaa koperasi peserta didik dan unit produksi;
  4. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
  5. Meningkatkan kemampuan keterampilan peserta didik melalui sertifikasi kompetensi peserta didik berkebutuan kusus.

Seksi VII :

Pembinaan kualitas jasmani, keseatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi, antara lain:

  1. Melaksanakan perilaku idup bersi dan seat;
  2. Melaksanakan usaa keseatan sekola (UKS);
  3. Melaksanakan pencegaan penyalagunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan IV/AIDS;
  4. Meningkatkan keseatan reproduksi remaja;
  5. Melaksanakan idup aktif;
  6. Melakukan diversifikasi pangan;
  7. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekola.

Seksi VIII

Pembinaan sastra dan budaya, antara lain:

  1. Mengembangkan wawasan dan keterampilan peserta didik di bidang sastra;
  2. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
  3. Meningkatkan daya cipta sastra;
  4. Meningkatkan apresiasi budaya.

 

  1. Syarat Pengurus OSIM
  2. Taqwa teradap Tuan Yang Maa Esa
  3. Mermiliki budi pekerti luur dan sopan santun teradap orang tua, guru, dan teman
  4. Memiliki bakat sebagai pemimpin peserta didik
  5. Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetauan yang memadai
  6. Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,seingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIM
  7. Pengurus dicalonkan ole perwakilan kelas
  8. Kusus untuk ketua OSIM, ditamba persyaratan :
  9. Mempunyai kemampuan berpikir yang jerni
  10. Memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang diadapi bangsanya.
  11. Tidak duduk di kelas terakir, karena akan mengadapi ujian Nasional.

 

  1. Rincian Tugas Pengurus OSIM
    1. Bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIM sesuai dengan AD ART
    2. Menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akir masa jabatannya.
    3. Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIM.
    4. Mempunyai masa kerja selama satu taun pelajaran.
  1. Anggota OSIM
    1. Anggota OSIM secara otomatis adala peserta didik yang masi aktif belajar pada sekola yang bersangkutan
    2. Anggota OSIM tidak memerlukan kartu anggota
    3. Keanggotan berakir apabila peserta didik yang bersangklutan tidak menjadi peserta didik lagi di sekola tersebut, ata meninggal dunia
    4. Setiap anggota mempunyai ak :
      • mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
      • memili dan dipili sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
      • Bicara secara lisa maupun tertulis.

 Keuangan

Keuangan OSIM diperlole dari dana yang disediakan ole sekola, dan sumbangan yang tidak mengikat serta usaa lain yang sa dan ditandatangani ole 2 orang yaitu Wakasek Kesiswaan dan Ketua OSIM.

 

 Forum Organisasi Rapat-rapat

  1. Rapat Pleno perwakilan kelas adala rapat yang diadiri seluru anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
  1. Persiapan tatacara pemilian ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
  2. Pencalonan pengurus OSIM
  3. Pemilian pengurus OSIM
  4. Penilaian laporan peranggungjawaban pemgurus OSIM pada akir masa jabatan.
  5. Acara, waktu dan tempat rapat dikonsultasikan dengan pembina OSIM
  6. Rapat pengurus
    1. Rapat pleno pengurus adala rapat yang diadiri seluru anggota pleno pengurus OSIM
    2. Rapat pengurus arian adala rapat pengurus yang diadiri ole ketua, wakil ketua, sekretaris, bendaara dan wakil ketua, sekretaris, bendaara dan wakil bendaara untyk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan seari-ari.
    3. Rapat koordinasi adala rapat yang diadiri ole sa serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendaara dan seksi I sampai dengan seksi 8.

Sasaran/Target Pembinaan.

  1. Meningkatkan peran serta peserta didik dalam membina sekola sebagai wawasan wiyata mandala seingga terindar dari usaa dan pengaru yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
  2. Menumbukan daya tangkal pada diri peserta didik teradap pengaru negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekola.

 

PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER

  1. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ekstra Kurikuler  adala kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekola/luar sekola  untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara kusus diselenggarakan ole pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekola secara berkala dan terprogram.

  1. 2Tujuan Umum

Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutunya berdasarkan Pancasila, yaitu :

(1)  Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuan Yang Maa Esa dan berbudi pekerti luur.

(1)  Memiliki pengetauan dan keterampilan

(2)  Seat jasmani dan roani

(3)  Kepribadian yang mantap dan mandiri

(4)  Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

  1. 3. Tujuan Kusus
    1. Memberikan pengayaan kepada peserta didik yang menyangkut aspek pengetauan, keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia seutunya.
    2. Menamba pengetauan dan keterampilan kepada peserta didik untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
    3. Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaa (kewiraswastaan)
    4. Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
    5. Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan dan perilaku idup seat secara jasmani dan roani.
    6. Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan al baru
    7. Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama, tanggung jawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekola
    8. Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui kegiatan di sekola dan di luar sekola.
    9. Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan peserta didik untuk idup di masyarakat, mencukupi kebutuannya sendiri maupun membantu kebutuan  orangtuanya.
    10. Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
    11. Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
    12. Menanamkan dan menamba wawasan keroanian, mental dan agama untuk idup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
    13. Memberikan bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daera.
    14. 4. Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
    15. Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
    16. Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
    17. Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
    18. Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
    19. 5Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
  2. Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
  3. Pilian, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
  4. Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penu.
  5. Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
  6. Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berasil.
  7. Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

 Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan

        Bidang Ola raga

  1. Sepak Bola
  2. Volly Ball
  3. Tenis Meja
  4. Bulu tanagkis
  5. Renang
  6. Takraw
  7. Ola raga prestasi lainnya                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

        Bidang  wawasan Kebangsaan

  • Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)
  • Palang Mera  Remaja  (PMR)
  • Pramuka
  • Kelompok Ilma Remaja (KIR)
  1. Pembinaan Ketaqwaan Teradap Tuan Yang Maa Esa
  2. Pelajar Peserta Kajiaan Keislaman
  3. Pembinaan  keterampilan dan  Kewirausaaan

      1)   Koperasi Peserta didik

     2)   Jurnalistik/Mading

Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekola

Dalam kegiatan ekstrakurikuler tugas guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta araan-araan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya pengembangan. Selama kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, peranan guru/kepala sekola adala sebagai berikut :

  1. Sebagai Motivator

Memberikan rangsangan dan dorongan bagi peserta didik agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan, berpasangan, kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)

  1. Sebagai fasilitator/tutor

Berperan memberikan materi dan membantu kesulitan-kesulitan yang diadapi peserta didik dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler

  1. Sebagai Dinamisator/akselelator

Mendorong aktifitas peserta didik agar dapat melakukan kegiatan yang lebi banyak dan lebi bervariasi dari segi kualitas dan kreatifitas peserta didik.

  1. Sebagai konselor

Memberikan bimbingan dan menjadi nara sumber, tempat berkonsultasi untuk kegiatan dari taap persiapan, pelaksanaan, penilaian, tidak lanjut dan pengembangannya.

Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan peserta didik. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada taap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler

Pembina Ekstrakurikuler

No.

Nama

Jabatan

Keterangan

1.

MAHFUDLI, S.Pd.I

Wakasek Kesiswaan

 

2.

SADDAN HUSAIN, S.Pd.

Pembina Pramuka

 

3.

MAHFUDLI, S.Pd.I

Pembina PMR

 

4.

ULIL ABSOR, M.Pd.

Pembina Paskibra

 

5.

SAIFUL MUJAHIDIN

Koord. OR

 

6.

SITI ZUBAIDAH, M.Pd.

Koord. Seni

 

 

PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

  1. Pengertian

Program Unggulan adala program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekola dengan fokus :

  1. Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguan intelektual dan kekuatan moral.
  2. Adanya perubaan dari peserta didik pasif menjadi peserta didik aktif
  3. Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberasilan pendidikan kepada masyarakat.
  4. Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade/OSN/Porseni/Porpelajar di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional
  5. Sasaran Pembinaan 

Sasaran pembinaan adala seluru peserta didik kelas VII, VIII dan IX yang memiliki potensi dan prestasi yang dapat dikembangkan. Program Unggulan Akademik yaitu Pendidikan Agama dan Non Akademik Olaraga Prestasi

PENUTUP

Demikian Program Kerja Wakil Kepala Sekola Bidang Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Peserta didik di MTs Roudlotul Muttaqin Bandungrejo Mranggen Demak Taun Pelajaran 2020/2021 dengan arapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diarapkan.

Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua piak. Ole karena itu upaya pemaaman teradap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi MTs Roudlotul Muttaqin Bandungrejo Mranggen Demak

 

 

Bandungrejo, 15 Juni 2020

Mengetahui                                        

Kepala Madrasah,                                                                   Waka. Kesiswaan

 

H.Ahmad Muhammad alhuda, M.S.i                                        Mahfudli, S.Pd.I                  

NIP                                                                                        NIP………………..